Wednesday, June 19, 2013

IUCN Daftar Merah Konservasi Spesies

IUCN Red List of Threatened Species atau disingkat IUCN Red List 

adalah daftar yang membahas status konservasi berbagai jenis makhluk hidup seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dikeluarkan oleh IUCN (International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources, Serikat Antarbangsa bagi Konservasi Alam). Daftar ini dikeluarkan pertama kali pada tahun 1948 dan merupakan panduan paling berpengaruh mengenai status keanekaragaman hayati.
IUCN Red List menetapkan kriteria untuk mengevaluasi status kelangkaan suatu spesies. Kriteria ini relevan untuk semua spesies di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk memperingatkan betapa pentingnya masalah konservasi kepada publik dan pembuat kebijakan untuk menolong komunitas internasional dalam memperbaiki status kelangkaan spesies. IUCN Red List dipertimbangkan sebagai sistem klasifikasi spesies yang paling objektif mengenai kelangkaan suatu spesies. IUCN akan memperbaiki dan mengevaluasi status setiap spesies lima tahun sekali jika memungkinkan, atau setidaknya sepuluh tahun sekali. Untuk melakukan hal itu, IUCN dibantu oleh organisasi internasional seperti BirdLife International, Institute of Zoology (divisi penelitian dari Zoological Society of London), World Conservation Monitoring Centre, dan banyak organisasi internasional lainnya yang tergabung dalam Species Survival Commission (SSC).

IUCN Red List memberikan gambaran taksonomi, distribusi spesies, analisis informasi taksa dan status konservasi secara global.
Spesies diklasifikasikan ke dalam sembilan kelompok, diatur berdasarkan kriteria-kriteria seperti jumlah populasi, penyebaran geografi dan risiko dari kepunahan, sebagai berikut.

"Punah" (Extinct; EX)
"Punah di alam liar" (Extinct in the Wild; EW)
"Kritis" (Critically Endangered; CR)
"Genting" (Endangered; EN)
"Rentan" (Vulnerable; VU)
"Hampir terancam" (Near Threatened; NT)
"Berisiko rendah" (Least Concern; LC)
"Informasi kurang" (Data Deficient; DD)
"Tidak dievaluasi" (Not Evaluated; NE)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Trade Profitly | Trade Profitly | Trade Profitly
Copyright © 2011. DETERAHU - BAGAIKAN DETERJEN TAHUNYA SAMPAI BERBUSA-BUSA
Template Created by Creating Website Published by Trade Share
Proudly powered by Trade Profitly